Kegiatan BAKTI SOSIAL akan dilaksanakan selama dua (2) hari, mulai tanggal 17 Desember 2011 sampai dengan 18 Desember 2011 .. Panggung Kesenian, Penjualan Bibit, Service Sepeda Motor, Service Mobil Ringan, Service Komputer, Service Listrik, Service Elektronik (Alun-alun Banyumas) Bantuan Bibit (Desa Binangun Kec. Banyumas), Tata Kecantikan, Tata Boga, Pemugaran Mushola (Desa Sudagaran Banyumas), Penyuluhan Administrasi dan Akuntansi, Video Shooting, Pemugaran Mushola (Desa Pekunden Banyumas), Pengobatan Gratis (Desa Kedunguter Banyumas), Pelatihan dan Layanan Jasa LAS (Panti Asuhan Budi Sakti Banyumas)

ChatBox

Saturday, February 26, 2011

Banyumas Kabupaten Vokasi

Kebijakan umum Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk tahun 2010 – 2014 diantaranya Perluasan dan Pemerataan Akses untuk memperoleh pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan dan peningkatan mutu. Pada Rencana Strategis Depdiknas, peningkatan Akses pendidikan di tingkat sekolah menengah akan lebih ditekankan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dimana pada tahun 2020 perbandingan SMK-SMA adalah 70:30. Berangkat dari kebijakan tersebut, pada tahun 2007 Direktorat Pembinaan SMK menggulirkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada peningkatan akses dan mutu SMK yang lebih besar, serta memadukan antara pendidikan kejuruan dengan pengembangan tata kota dengan mengutamakan :
a.   Pengembangan sektor ekonomi wilayah kabupaten/ kota (Economic Development).
b.   Peningkatan kebutuhan kualitas dan standarisasi tenaga Kerja (Workforce Developmet).
c.    Kerjasama pengembangan karier (Career Development Partnerships).
d.   Sumberdaya yang tersedia online (Online resources)
Program rintisan pengembangan kota vokasi ini menekankan pada unsur pendekatan partisipasi Pemerintah, Pemerintah Kabupaten/kota serta masyarakat dengan memberdayakan komunitas-komunitas usaha kecil dan industri, mengembangkan kejuruan berbasis sektoral perekonomian wilayah kabupaten/kota, seperti teknologi, pertanian, pariwisata, dll. Sehingga terwujudnya suatu kota yang memiliki multifungsi yaitu sebagai pusat pembelajaran Kejuruan, pasar tenaga kerja,  serta pusat produksi guna meningkatkan Gross Domestic Product Indonesia.
          Program rintisan kota vokasi diharapkan mampu mensinergikan seluruh sumberdaya masyarakat terutama komunitas-komunitas usaha kecil dan industri, menarik investor asing, sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan mengurangi pengangguran.
Dengan terwujudnya dukungan, perhatian dan kerjasama yang baik dari Pemerintah, Pemerintah Daerah Kabupaten/kota serta DU/DI sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak, diharapkan Program rintisan kota vokasi akan dapat direalisasikan dan masyarakat mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Kegiatan BAKTI SOSIAL akan dilaksanakan selama dua (2) hari, mulai tanggal 17 Desember 2011 sampai dengan 18 Desember 2011 .. INFO LENGKAP di http://dindikbanyumas.net .. http://banyumasvokasi.blogspot.com ..